Menanam Kangkung Hidroponik Tanpa Rockwool

Halo teman - teman kembali lagi bersama Jo disini. Pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit bagaimana caranya Menanam Kangkung Hidroponik Tanpa Rockwool. Teman - teman pegiat hidroponik atau yang baru belajar menanam secara hidroponik pasti tau apa itu rockwool. Karena rockwool adalah salah satu media tanam dalam hidroponik yang paling direkomendasikan baik oleh pegiat senior maupun yang masih belajar hidroponik.
Apakah bisa kita menanam secara hidroponik tanpa rockwool? Tentunya bisa sekali. Banyak pegiat atau petani hidroponik yang sudah menerapkan cara ini. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba Menanam Kangkung Hidroponik Tanpa Rockwool. Kali ini kita mencoba mengganti rockwool dengan media tanam sekam.

Berikut langkah - langkah menanam kangkung hidroponik tanpa rockwool

1. Tahap Semai

Alat dan bahan: nampan, sekam, benih kangkung, plastik hitam dan air
    
tahapan:
letakkan sekam di dalam nampan kurang lebih setengah dari isi nampan. Kemudian taburkan benih kangkung secara merata diatas sekam. Tutup benih menggunakan sekam secara tipis dan merata. kemudian siram dengan air secukupnya secara merata. masukkan nampan kedalam plastik hitam dan ikat rapat. tunggu kurang lebih 2 x 24 jam / sampai benih kangkungnya sproud / pecah. 

setelah benih kangkungnya sproud atau pecah. mulai kenakan dengan sinar matahari. tunggu hingga kurang lebih 5 -7 hari hingga benih siap di pindah tanam. 

2. Pindah tanam

Alat dan bahan: netpot, air

tahapan:
cabut satu persatu benih kangkung.











cuci akar didalam air hingga sekam yang menempel diakar berkurang. 

masukkan kedalam netpot secara berkelompok. bisa 7 - 10 batang atau bisa lebih.


setelah selesai. pindahkan netpot yang telah berisi bibit kangkung ke instalasi hidroponik. Tunggu hingga masa panen tiba. Jangan lupa lakukan perawatan tanaman, dari cek nutrisi hingga pengendalian hama.

Demikian pembahasan kita mengenai cara menanam kangkung hidroponik tanpa rockwool. Semoga bermanfaat bagi teman - teman semua.

Selamat mencoba,..

0 comments