Hama Ulat Pada Tanaman Sawi

Assalamualaikum teman - teman, semoga selalu dalam kesehatan ya. Pada kesempatan kali ini Jo akan bercerita sedikit tentang hama ulat pada tanaman sawi. 

Pagi tadi awalnya kami melakukan pengecekan tanaman hidroponik. Kami cek dari nutrisi hingga ke tanaman apakah ada yang terkena hama. Setelah melakukan pengecekan beberapa saat, pada satu daun seperti ada yang aneh. Posisi daun menggulung dan terdapat bintik bintik hitam di sekitarnya. Setelah di dekati ternyata daun tersebut terdapat lubang - lubang juga.


Karena penasaran akhirnya kita dokumentasikan dan bertanya kepada teman - teman sesama petani. Banyak yang menyampaikan bahwa itu hama ulat. Dan teman - teman pun memberikan beberapa saran:

1. Petik daun yang terkena ulat dan segera buang agar tidak menjalar ke daun - daun yang lain.

2. Cek daun sekitarnya, pastikan tidak ada yang terkena hal sejenis. 

3. Bersihkan segera bintik - bintik hitam yang mengenai daun - daun yang lain. Karena biasanya bintik - bintik hitam itu juga mengenai daun yang lain dalam satu tanamannya.

Akhirnya kami pun segera memetik daun tersebut dan membuangnya. Agar tidak menjalar ke daun yang lain. Kenapa tidak di semprot pestisida? Untuk tanaman memang dari awal kami usahakan tidak menggunakan pestisida. Apalagi menggunakan pestisida kimia, karena itu justru akan merugikan kita sendiri yang mengkonsumsinya nanti.

Demikian sedikit pengalaman dari kami, semoga dapat memberi tambahan informasi kepada teman - teman semua. Terima kasih

0 comments