Cara Membuat Pakan Ternak Alternatif dengan Azolla Microphyla

Assalamu'alaikum wr. wb. teman - teman apa kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Diberikan rizki yang berkah untuk keluarga. Baiklah kali ini Jo akan berbagi tentang pakan ternak. Bagi setiap peternak, pakan adalah hal yang utama dan pokok. Seringkali dikeluhkan pakan ternak yang mahal dan susah di cari. Kali ini Jo akan berbagi tips Cara Membuat Pakan Ternak Alternatif dengan Azolla Microphyla. 

Kali ini racikan pakan ternak ini nantinya akan di gunakan untuk memberi pakan pada Ayam Arab sejumlah 30 ekor. Mungkin nanti bisa dijadikan acuan apabila akan diberikan kepada jumlah ternak yang lebih banyak atau lebih sedikit.

Langkah - langkah Cara Membuat Pakan Ternak Alternatif dengan Azolla Microphyla

1. Siapkan Azolla Microphyla
Ambil Azolla dari tempat budidayanya menggunakan tempat yang berlubang kecil - kecil. Tujuannya adalah agar air yang terdapat di azolla dapat berkurang sembari kita menyiapkan bahan - bahan yang lain.

2. Siapkan Microorganisme & Molase / Tetes Tebu
Pada kesempatan ini kami menggunakan EM4 khusus untuk peternakan.

3. Siapkan ember 

Ember atau wadah ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat mengaduk semua bahan. Isi ember dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak karena nanti hasil akhir pakan akan terlalu basah.





4. Masukkan EM4 dan Molase
Masukkan EM4 kedalam ember berisi air tadi sebanyak 1 tutup botol. Kemudian masukkan Molase / Tetes Tebu sebanyak kurang lebih 1 Sendok Makan. Aduk hingga tercampur rata.












5. Masukkan Bekatul ke ember
Untuk menakar bekatul kami menggunakan tutup bekas termos air. Masukkan 3 tutup bekatul ke campuran EM4 & Molase. Kemudian aduk hingga rata. Bila setelah dicampur bekatul masih terlalu basah bisa ditambahkan 1 / 2 tutup lagi. 

6. Masukkan Azolla yang sudah ditiriskan tadi.
Masukkan Azolla kedalam ember. Kemudian aduk hingga bercampur dengan bekatul. Selama proses mengaduk sambil di remat - remat hingga azolla tercampur hingga berbentuk kecil - kecil. Bisa dilihat pada gambar dibawah untuk pakan yang sudah jadi.




7. Diamkan 7 - 10 menit.
Setelah semua proses diatas selesai, maka diamkan sejenak campuran pakan tersebut. Tujuannya agar microorganismenya dapat bekerja dulu. Setelah itu baru berikan pakan tersebut ke Ayam nya.

Hasil Pengamatan,
- Kondisi ayam lebih sehat dan cepat gemuk.
- Kotoran ayam tidak berbau.

Demikian sedikit informasi semoga bermanfaat bagi teman - teman semua. Terima Kasih

0 comments