Pameran Hidroponik dalam Peringatan Dies Natalis UNS Ke 43

Selamat Ulang Tahun Ke 43 Universitas Sebelas Maret Surakarta

Dalam rangka memperingati Ulang Tahunnya yang ke 43 Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar berbagai event. Salah satu event yang terselenggara adalah stand pameran pada tanggal 8 - 9 Maret 2019 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian UNS bagi para alumninya. Pada pameran tersebut tersedia beberapa stand pameran seperti Stand Pupuk, Tanaman Anggrek, Makanan, dan Hidroponik.


Yang cukup menarik perhatian salah satunya adalah Stand Hidroponik. Dia Adalah Anggi Bitho Lokmanto yang merupakan Alumni Fakultas Pertanian UNS dan saat ini tengah menggeluti bisnis nya di bidang pertanian hidroponik. Untuk saat ini beliau telah memiliki kebun hidroponik sendiri yang beralamatkan di Desa Nosido Ngringo Jaten Karanganyar. Bisa juga kunjungi akun sosial mediannya di instagram @aa818_hydropnic. 



Produksi sayuranya pun sudah berbagai macam. Jenis sayuran yang sudah di produksi adalah jenis sayur kangkung, bayam, sawi, hingga selada. Pada proses produksi sayuran hidroponik ini tidak menggunakan pestisida, kata Mas Anggi sapaanya. Jadi sayur yang dihasilkan adalah sayur tanpa pestisida yang pastinya lebih segar dan sehat, imbuhnya. 

Beliau pun memberikan informasi bahwa di daerah soloraya sudah ada perkumpulan untuk para penghobi hidroponik yang tergabung dalam Komunitas Hidroponik Soloraya. Jadi bagi masyarakat soloraya kususnya yang ingin belajar atau hobi bertani secara hidroponik bisa bergabung dengan komunitas tersebut. 

Bagi para member komunitas nantinya akan bisa belajar dan berbagi tentang apa itu pertanian hidroponik. Baik untuk yang skala hobi atau rumah tangga maupun yang nantinya akan dijadikan sebagai bisnis atau skala industri. Karena pertanian hidroponik ini tidak memerlukan lahan yang luas jadi bisa dibuat dalam bentuk dan ukuran yang sesuai dengan lahan yang ada.

0 comments