Cara Semai Pakcoy Hidroponik

Hallo teman - teman apa kabar, semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik,.

Kali ini saya akan membagi cara semai tanaman pakcoy. pada kesempatan kali ini saya semai tanaman pakcoy diperuntukkan untuk penanaman secara hidroponik.

Alat dan bahan yang perlu di siapkan adalah:

  1. gergaji besi
  2. nampan
  3. biji / benih pakcoy
  4. rockwool
  5. air
  6. plastik hitam / kain warna gelap
  7. alat untuk melubangi rockwool (ex: tutup / ujung bolpoin, lidi, ujung pensil, dll)
Langkah - langkah:

photo by JoFarm
Pertama rockwool dipotong dadu menggunakan gergaji besi dengan ukuran + 1x1x1 cm. kemudian letakkan dadu potongan tadi diatas nampan.

Kedua, basahi rockwool dengan air yang telah disiapkan tadi secukupnya saja. air tidak perlu sampai menggenang di nampan.

Ketiga, lubangi rockwool dengan menggunakan ujung bolpoin / pensil. siapkan juga benih pakcoy yang akan di semai.

Keempat, masukkan satu benih pakcoy  ke setiap lubang yang ada di rockwool tadi. setelah semua lubang terisi. selanjutnya tutup nampan dengan plastik / kain warna gelap dan tempatkan di tempat yang sejuk.

Tunggu kurang lebih 1x24 jam sampai 2x24 jam, maka benih tadi akan mulai sproud atau berkecambah. setelah berkecambah buka tutup plastik / kain gelapnya tadi dan kenakan sinar matahari. 

Tambahkan air apabila rockwool terlihat mengering, cukup dengan air biasa saja, belum perlu air nutrisi. Tunggu kurang lebih 5 sampai 7 hari atau sampai daun berjumlah 3 - 4 helai baru bibit pakcoy siap di pindah ke Instalasi Hidroponik.



Note:

ketika memotong dadu rockwool untuk semai tidak perlu sampai putus, cukup dibuat terlihat seperti garis saja, kemudian dari garis itu akan menjadi acuan kita untuk memotong rockwoolnya ketika akan pindah tanam.





Demikan tulisan saya semoga bermanfaat, kritik saran bisa di kolom komentar atau ke E- Mail jofarm.info@gmail.com 


Salam
~mudatani~

0 comments