Apa Itu Hidroponik

hallo teman - teman, bagaimana kabarnya?, semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik ya.

Apakah teman - teman suka dengan bercocok tanam?. Apabila suka, pastinya sudah tau ya apa itu hidroponik. Disini kita tidak akan membahas secara detail tentang hidroponik karena sudah banyak artikel yang memperkenalkan bahkan membahas tentang hidroponik. Tetapi disini kita mencoba me-refresh kembali pemahaman kita tentang pengertian Hidroponik.

photo by JoAbadiFarm
Ketika kita mendengar kata menanam, mungkin sebagian besar kita berfikir bahwa menanam harus menggunakan tanah dan membutuhkan lahan atau tempat menanam yang luas. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, saat ini telah banyak berkembang suatu sistem bercocok tanam. Salah satu sistemnya yaitu menanam dengan media air atau yang sering kita kenal dengan hidroponik.

Hidroponik adalah cara menanam menggunakan media air. Hidroponik berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan poros yang berarti daya. Hidroponik dikenal juga sebagai soilles culture atau budidaya tanpa tanah. Dikarenakan dalam sistem ini kita tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya, maka kita menggantinya dengan Rockwoll, Hidroton, Sekam Bakar, Cocopeat, Perlite, atau Vermiculite yang teraliri air. Air yang dipakai dalam hidroponik adalah air yang terkandung nutrisi didalamnya. 

Air nutrisi disini adalah air yang sudah di campur dengan pupuk sebagai pasokan makanan bagi tumbuhan itu sendiri. Dalam berhidroponik kita sering mengenal nutrisi ini dengan sebutan A-B Mix. 

Dengan menggunakan sistem hidroponik ini, kelebihan yang akan kita dapatkan yaitu tentang kualitas sayuran yang dihasilkan, antara lain

1. Hasil tanaman yang lebih bersih
    Dengan media yang digunakan dalam hidroponik akan menghasilkan kualitas tanaman yang bersih karena tidak menggunakan tanah yang memungkinkan bakteri - bakteri dalam tanah dapat menyerang tanaman tersebut. 

photo by JoAbadiFarm
2. Kesegaran terjamin
    Dengan perawatan yang baik, nutrisi tanaman yang cukup akan memberikan hasil tanaman yang lebih segar untuk dikonsumsi.

3. Kualitas rasa lebih baik
    Rasa yang enak akan didapat jika tanaman - tanaman tersebut sehat.

4. Tanpa Cacat
    Dengan sistem hidroponik dan perawatan yang tepat akan mengurangi serangan hama pada tanaman yang mengakibatkan tanaman tidak tumbuh dengan baik, misalnya terdapat lubang - lubang bekas serangan hama.

5. Ukuran lebih besar
    Tanaman yang dihasilkan akan lebih besar ukurannya.

6. Produksi lebih banyak
    Dengan tidak memerlukan lahan yang luas, kita dapat menghasilkan tanaman lebih banyak yang dapat memenuhi kebutuhan kita pribadi maupun hasil tanaman yang akan di jual.


Daftar pustaka:

Suryani, Reno. 2015. Hidroponik Budi Daya Tanaman Tanpa Tanah Mudah, Bersih, dan Menyenangkan. Solo. Arcitra

Modul Pelatihan Hidroponik Untuk Semua. Dalam www.hidroponikuntuksemua.com 

0 comments