Hidroponik Tumpangsari dengan Azzola

Assalamu'alaikum teman - teman. Bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam kesehatan dan kelancaran rejeki ya.

Kali ini Jo akan sedikit berbagi tentang apa yang di lakukan di Mini Farm kami. Semoga nantinya juga bisa menginspirasi dan menjadi ide bagi teman - teman. Sesuai dengan judul Kami membuat sistem tumpangsari Hidroponik dengan Azzola. 

Baiklah, sistem tumpangsari ini bisa di lihat pada gambar di bawah ini


Sistem hidroponik yang kita pakai adalah sistem DFT dengan posisi pipa horisontal. Bed atau penyangga untuk pipanya terbuat dari baja ringan berbentuk persegi panjang. Kemudian di bagian bawahnya kita batasi dengan kayu atau bambu sebagai tempat penampungan azzolanya. 

Teman - teman juga bisa memanfaatkan pengunci bed atau baja yang dipakai untuk pengunci bednya di pasang agak ke bawah. Hampir menyentuh dengan lantai dasar. Pengunci ini nantinya akan berfungsi ganda, selain sebagai pengunci bed juga akan berfungsi sebagai pengganti kayu untuk tempat budidaya azzolanya.

Kemudian siapkan terpal atau plastik yang agak tebal seukuran luas dari bed yang ada. Pasang dengan mengikatkan pada pembatas bed hidroponiknya. Setelah semua terpasang dengan baik tinggal tambahkan air dan pupuk kandang. Tempat budidaya azzola siap digunakan.

Itulah tadi sedikit berbagi tips tumpangsari antara hidroponik dan azzola. Apabila teman - teman membutuhkan bibit azzola kami juga menyediakan. Langsung saja hubungi kami di contact pada blog ini. Semoga menginspirasi teman - teman semua. Terima kasih

0 comments